Benarkah genjer-genjer adalah lagu milik PKI?


 senin, 17 Agustus 2015 08:40
Bendera PKI di Salatiga. ©twitter.com



Merdeka.com - Akhir-akhir ini pemberitaan soal Partai Komunis Indonesia (PKI) kembali marak. Mulai dari aksi pembakaran bendera PKI di Surabaya, munculnya atribut-atribut PKI hingga karnaval HUT RI ke 70 di Pamekasan yang juga disusupi atribut PKI.

Hingga kini PKI memang masih menjadi kontroversi. Meski pemerintah sudah menyatakan PKI terlarang, namun sebagian kalangan masih percaya bahwa partai bendera palu arit ini tidak seperti yang dituduhkan selama ini.

Menanggapi soal kasus atribut PKI yang kini mulai marak muncul, anggota DPRD Pamekasan, Madura, Iskandar menyatakan hal itu harus menjadi bahan evaluasi bersama.

"Kalau saya menilai, munculnya simbol PKI sebagai bentuk ekspresi dari anak muda, dan secara psikologis keinginan berekspresi ini, juga tidak lepas dari kecenderungan anak muda yang ingin diperhatikan, tampil berbeda," kata Iskandar di Pamekasan, seperti dikutip dari Antara, Minggu (16/7) kemarin.

Iskandar yang juga Ketua Komisi III DPRD Pamekasan tersebut mengemukakan hal ini, menanggapi kasus maraknya atribut PKI pada karnaval budaya yang digelar Pemkab Pamekasan, Sabtu (15/8) kemarin.

Menurut Iskandar, selain sebagai bentuk ekspresi, munculnya atribut PKI dan para tokoh PKI pada karnaval budaya yang digelar Pemkab Pamekasan itu, juga dipicu akan kemungkinan adanya kerinduan terhadap suatu masa di mana saat itu, memang ada partai yang terkesan serius memperjuangkan nasib kaum buruh tani, dan warga miskin kota dan kini tidak banyak dilakukan oleh partai-partai yang ada di negeri ini.

Dengan demikian, sambung dia, bisa jadi, hal tersebut juga sebagai bentuk kejenuhan, kejumudan, kekecewaan terhadap keadaan bangsa dan negara yang belum ideal dan belum sesuai dengan harapan mereka.

Bicara soal PKI, salah satu yang masih menjadi misteri adalah lagu Genjer-genjer. Lagu berbahasa Osing itu selama ini identik dengan PKI. Lalu benarkah lagu asal Banyuwangi ini adalah lagunya PKI?
[war]