PKS Minta Polri Tegas Hukum Pembakar Hutan

 Jarak pandang hanya 10 meter! Ini adalah jarak pandang di Pekanbaru 6-10-2015 jam 6 Wib. dari twitter @Sutopo_BNPB

Anggota Komisi III DPR RI, Aboebakar Alhabsyi mengkritik keras pembakaran hutan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Karenanya, menurut Aboebakar jika ada yang sengaja membakar hutan dengan alasan efisiensi, hal ini tidak dapat ditolelir.

Aboebakar menilai, pembakaran lahan adalah sikap egois, karena ingin menguntungkan diri sendiri, dan tidak cinta terhadap tanah air. "Sosialisasi nilai kebangsaan, kebhinekaan dan kemasyarakatan seperti ini sangat penting. Utamanya untuk selalu mengingatkan bahwa kita semua ini hidup dalam sebuah bangsa dan negara," ujar Ketua DPP PKS wilayah Kalimantan itu di Jakarta, Senin (5/10).

Untuk menyelesaikan persoalan tersebut, ia mendukung atas tindakan tegas Polri terhadap para pelaku pembakaran lahan dan hutan. Dari hasil rapat Komisi III DPR RI dengan Polri, dilaporkan telah diperiksa 57 perusahaan yang diduga terlibat dalam pembakaran lahan tersebut. Selain itu, setidaknya ada 120 tersangka yang telah diperiksa oleh  kepolisan.

"Saya mendorong agar proses hukum ini terus ditingkatkan, agar tidak diulangi lagi hal yang serupa di tahun depan," ujar pria yang akrab disapa Habib Aboe itu. (ROL)