Selebrasi striker Timnas Inggris Wayne Rooney.
Selebrasi striker Timnas Inggris Wayne Rooney. (Irish Mirror)
Serravalle - Inggris bertandang ke kandang San Marino dalam lanjutan laga kualifikasi Piala Eropa 2016, Sabtu (5/9). Bertandang ke markas San Marino di Stadion Olimpico di Serravalle, Inggris mendominasi jalannya pertandingan.
Saat pertandingan memasuki menit ke-12, bola tendangan bebas yang dilepaskan James Milner dianggap wasit telah mengenai Berardi. Padahal yang sebenarnya adalah John Stones yang menjadi pesakitan. Kendati begitu wasit tetap memutuskan penalti untuk Inggris karena pelanggaran tersebut.
Wayne Rooney yang menjadi algojo dengan tenang mengecoh kiper dengan melepaskan tendangan ke arah yang lain. Gol ini menjadikan Inggris unggul 1-0 pada menit ke-13.
Gol tersebut juga membuat Rooney menyamai rekor Bobby Charlton bagi The Three Lions dengan torehan 49 gol.
Memasuki menit ke-30, Inggris menggandakan keunggulan mereka. Diawali umpan silang berbahaya dari sisi kiri oleh Shaw, bola justru disundul oleh Christian Brolli ke gawangnya sendiri. Skor berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Inggris.
Hingga babak pertama usai kendati terus menekan San Marino, skor tetap bertahan 2-0 untuk keunggulan Inggris.
Di menit pertama babak kedua, Inggris langsung menambah keunggulan lewat gol dari Ross Barkley. Diawali umpan silang dari Alex Oxlade-Chamberlain dari sayap kanan ke Rooney, bola diteruskan kepada Barkley. Gelandang Everton itu kemudian menanduk sodoran Rooney dan gawang San Marino kembali bergetar untuk ketiga kalinya.
Skor berubah menjadi 3-0 untuk keunggulan Inggris. Gol tersebut menjadi gol perdana Barkley bagi Timnas Inggris.
Theo Walcott yang baru masuk pada menit ke-67 menggantikan Oxlade Chamberlain langsung menambah keunggulan bagi Inggris. Gol Walcott diawali pergerakan Fabian Delph yang kemudia memberikan umpan rendah ke tiang dekat yang segera disambar Walcott. 4-0 bagi Inggris di menit ke-68.
Harry Kane menambah keunggulan bagi Inggris menjadi 5-0 pada menit ke-77. Bola chip dari Kane melewati kiper San Marino Simoncini dan mengubah skor menjadi 5-0.
Walcott kembali mencetak gol pada pertandingan ini di menit ke-78. Diawali umpan dari Barkley, Walcott berhasil mencocor bola melewati Simoncini. Skor menjadi 6-0 bagi Timnas Inggris.
Hingga pertandingan berakhir skor tetap 6-0 untuk kemenangan Inggris. Kemenangan ini memastikan Inggris meraih rekor 100% kemenangan di Grup E sekaligus lolos ke Piala Eropa 2016 mendatang.
Rooney berhasil menyamakan rekor gol Charlton sementara itu Walcott, Kane dan Barkley sukses mencetak gol bagi Inggris di laga ini.
Yudo Dahono/YUD
Goal