Cerita tentara Papua Nugini turunkan merah putih di Merauke




Sabtu, 15 Agustus 2015 05:00
Cerita tentara Papua Nugini turunkan merah putih di Merauke
Pendakian Semeru. ©2013 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Papua Nugini merupakan negara yang terletak di bagian timur pulau Papua dan berbatasan darat dengan Provinsi Papua (Indonesia) di sebelah barat. Dengan jarak yang begitu dekat itu, warga negara PNG sering keluar masuk wilayah Tanah Air tanpa izin.

Seperti yang terjadi baru-baru ini, satu regu tentara Papua Nugini datang ke wilayah RI tepatnya di kampung Jaknyu, Kampung Rawa Bening, Distrik Sota, Marauke. Mereka juga datang tanpa izin kepada pemerintah atau keamanan setempat.

"Tanggal 7 Agustus lalu tentara PNG sebanyak satu regu mendatangi kampung Jaknyu, Kampung Rawa Bening, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, tanpa pemberitahuan kepada pemerintah maupun aparat keamanan," kata Dandrem Merauke Brigjen TNI Supartodi.

Kedatangan tentara PNG itu membawa aneka bantuan bahan makanan kepada 11 kepala keluarga (kk) yang bermukim di kawasan itu.

Brigjen TNI Supartodi mengakui, bahan makanan yang dibawa dari PNG itu kemudian diserahkan ke warga yang mendiami kampung Jaknyu. Padahal jarak kampung Jaknyu sendiri 1.200 meter dari garis batas RI-PNG.

"Sebelum insiden tersebut terjadi, kami sudah pernah mengkoordinasi masalah tersebut dengan Bupati Merauke dan berencana memindahkan mereka ke kampung terdekat namun ke 11 kk menolak," jelas Supartodi.

Menurutnya, keengganan warga kampung Jaknyu itu ternyata disebabkan selama ini menerima bantuan dari Pemda Merauke, (RI) dan PNG.
[hhw]