Pengemudi Ojek Berbasis Aplikasi Modal "Tuyul" untuk Jerat Penumpang Kakap


Jumat, 11 September 2015 | 10:56 WIB
KOMPAS.com/Tangguh SR Kuswanto (33), menunjukkan lokasi dirinya di Google Map yang bisa terpantau oleh operator ojek berbasis aplikasi melalui Global Positioning System (GPS).

JAKARTA, KOMPAS.com — Kuswanto (33) dan beberapa pengojek awam lainnya tak lagi canggung menggunakan ponsel cerdas (smartphone) sejak bergabung dengan perusahaan ojek berbasis aplikasi. Maklum, sebagian besar dari mereka belum pernah menyentuh gadget jenis smartphone sebelumnya.

Saat sedang asyik memantau aktivitas pesanan di layar ponselnya, mendadak Kuswanto bereaksi. "Wah, (emoticon) nangis (gagal) lagi. Banyak yang melihara 'tuyul' nih di sekitar sini," kata Kuswanto, Jumat (11/9/2015).

Istilah "tuyul" ternyata sudah sangat familiar di kalangan pengojek berbasis aplikasi. Sebutan itu mengacu pada pengojek lainnya yang menggunakan modem 4G. Sebab, dengan modem internet berkecepatan tinggi, mereka dengan cepat menangkap pesan ketimbang yang menggunakan paket internet standar dari provider GSM.

"Sekarang makin banyak yang melihara tuyul. Itu ngurangin jatah kita yang pakai paket standar," ujarnya.

Penggunaan layanan internet yang berbeda tersebut berpengaruh pada kemampuan menjaring para pengorder. Pasalnya, para pengojek berbasis aplikasi lebih memilih order yang bernominal tinggi, khususnya order di atas Rp 50.000.

Ibarat sedang memancing ikan, kata Kuswanto, pengojek menyebut order besar dengan istilah "kakap" atau "paus". Sedangkan order dengan nominal di bawah Rp 50.000 dengan sebutan "teri".

"Kalau cuma teri, biasanya diabaikan. Kecuali kalau sepi banget, baru ambil," ujar Kuswanto.

Untuk order kakap, kata Kuswanto, lebih mudah masuk ke ponsel pengojek yang menggunakan modem 4G. Mereka berpendapat, jika menggunakan modem, peluang untuk mendapat order kakap juga lebih Besar. Hal itu karena pemilik ponsel yang menggunakan paket internet standar hanya kebagian order teri.

"Soalnya rebutan, Bang. Mirip cerdas cermat. Mencet tombol ordernya harus cepat. Tapi gimana mau mencet, kalau ordernya telat masuk (ke aplikasi)," ujar Kuswanto sambil tertawa.

Hal tersebut juga diamini pengojek lainnya, Fahri (25). Warga Bekasi itu rela merogoh kocek lebih untuk membeli modem 4G. Sebab, paket internet standar dari provider berpengaruh pada order yang terlambat masuk.

"Ordernya kan muncul per 30 detik. Kalau paket (internet) biasa, nongolnya teri, jarang kakap karena masuknya lama. Tapi, kalau yang pake tuyul (modem), masih banyak order kakap yang masuk," ujar Fahri.

Fahri mengatakan, beberapa pengojek ada yang membeli modem untuk dirinya sendiri, ada juga yang membeli secara patungan dan dipakai beramai-ramai.

"Enaknya bisa pakai ramai-ramai, maksimal sepuluh orang. Tapi, kalau sudah ambil order, modemnya tinggal. Paling yang pegang yang patungan paling mahal," ujarnya.

Meski demikian, tak sedikit dari pengojek yang tetap bertahan dengan paket internet standar. Dengan pertimbangan, harga modem 4G yang dinilai mahal dan layanan sinyal yang tidak memfasilitasi seluruh wilayah.

"Ada teman yang ngajak patungan beli tuyul (modem), tapi saya belum mau, mahal. Lagian, kadang-kadang sinyalnya suka hilang di tempat-tempat tertentu," kata seorang pengojek, Burhan.

Burhan tidak mempermasalahkan jika dia hanya mendapat order teri. "Enggak masalah, kan rezeki Allah yang atur. Jalani aja ikhlas," ucapnya.
Penulis: Tangguh Sipria Riang
Editor : Ana Shofiana Syatiri